Media literasi
“membangun komunikasi untuk pencapaian masyarakat komunikasi”
Oleh:
NINA MUTMAINNAH
Pelatih Pendidikan Media Untuk Sekolah Dasar
UNICEF – Yayasan Pengembangan Media Anak
Solo, 23-25 Juni 2008
KONSEP MEDIA LITERASI

“sebuah perspektif yang digunakan secara aktif ketika individu mengakses media dengan tujuan untuk memakai pesan yang disampaiakn oleh media”

“kemampuan untuk menganalisis pesan media yang menerpanya, baik yang bersifat informatif maupun yang menghibur”
KONSEP...
National Leadership on Media Literacy:
“kemampuan untuk mengakses, menganalisis, mengevaluasi dan mengkomunikasikan isi pesan melalui media”
PERKEMBANGAN





ILUSTRASI...
Ketika pendidikan media diajarkan di SD:


Mereka tidak mudah terpengharuh oleh isi media, menjadi kritis, bisa menggunakan media dengan benar, dalam usia muda.
KEMAMPUAN MEDIA LITERASI ANTARA LAIN:





DALAM MENGGUNAKAN MEDIA, SISWA HARUS MEMILIKI KEMAMPUAN UNTUK:
1. Mengakses
Kemampuan mengakses ini akan mendorong sesorang untuk mengumpulkan informasi yang berguna secara efektif
2. Menganalisa
Kemampuan menganalisa dapat membantu seseorang menjelaskan bentuk pesan, struktur, segmen, dampak dan lain sebagainya.
3. Mengevaluasi
Kemampuan mengevaluasi membantu seseorang menghubungkan pesan media dengan pengalamannya seniri, menentukan bagaimana kualitas atau relevansinya dengan kehidupan. Kemampuan ini membuat orang bisa menghargai pesan media, mengapresiasi, dan menginterpretasi. Dalam mengevaluasi, bisa berdasarkan isi atau bentuk pesan media. Setelah mengevaluasi, hasilnya disampaikan secara lisan, cetak, atau elektronik.
4. Memproduksi
Maksudnya adalah seseorang mamu menkonstruksi pesan atau ide denan kata-kata, suara, atau imej secara efektif. Hal ini dilakukan untuk mencapai tujuan yang diinginkan.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar