Public Relation
Definisi Public Relation
Definisi Public Relation menurut The British Institute : “Public Relation practice is the deliberate. Planned and ustained effort to establish and maintain mutual understanding between anorganization and its public”. (Upaya yang sungguh-sungguh, terencana, dan berkesinambungan untuk menciptakan dan membina saling pengertian antara organisasi dengan publiknya).
Public Relation News : “The management function which evaluates public attitudes, identifies the policies and procedures of an individual or an organization with the public interest, and excecutes a program of action to earn public understanding and acceptance”.
Fungsi Public Relation
Edwin Emery, menyebutkan fungsi dari Public Relation yaitu “ The planned and organized effort a company or instittion to establish mutually beneficial through acceptable communication relationship with its various publics”. (Upaya yang terencana dan terorganisasi dari sebuah perusahaan atau lembaga untuk menciptakan hubungan-hubungan yang saling bermanfaat dengan publiknya).
Kegiatan Public Relation
Dalam melakukan kegiatan penyampaian dan pelayanan informasi kepada masyarakat melalui media komunikasi dilakukan melalui proses sebagai berikut:
· Pengumpulan, pengelolahan, penyusunan/perumusan pesan yang akan disampaikan kepada masyarakat;
· Pesan tersebut kemudian disampaikan melalui media komunikasi baik media tatap muka, media cetak maupun elektronik;
· Melalui media komunikasi itu berbagai pesan atauinformasi disampaikan kepada khalayak masyarakat yang menjadi sasaran kegiatan public relation;
· Demi efektifnya komunikasi yang dilakukan, perlu diadakan evaluasi sehingga dapat diketahui berhasil atau tidaknya komunikasi tersebut.
Tugas Public Relation
Di dalam kegiatan sehari-harinya seorang Public Relation memiliki tugas antara lain sebagai berikut:
1. Menyelenggarakan dan bertanggung jawab atas penyampaian informasi/pesan secara lisan, tertulis, ataupun melalui gambar (visual) kepada publik, sehingga publik mempunyai pengertian yang benar tentang hal ikhwal perusahaan atau lembaga, segenap tujuan serta kegiatan yang dilakukan;
2. Memonitor, merekam, dan mengevaluasi tanggapan serta pendapat umum/masyarakat;
3. Mempelajari dan melakukan analisis reaksi publik terhadap kebijakan perusahaan/lembaga, maupun segala macam pendapat (Public acceptance dan non-acceptance);
4. Menyelenggarakan hubungan yang baik dengan masyarakat dan media masssa untuk memperoleh public favour, public opinion, dan perubahan sikap.
Perbedaan-perbedaan definisi yang dikemukakan para ahli ada kesamaan pokok pikiran:
- Public Relation merupakan suatu kegiatan yang bertujuan memperoleh goodwill, kepercayaan, saling pengertian, dan citra yang baik dari publik/masyarakat;
- Sasaran dari Public Relation adalah menciptakan opini publik yang favourtable, yang menguntungkan bagi semua pihak;
- Public Relation merupakan unsur yang sangat penting dalam manajemen guna mencapai tujuan yang spesifik dari organisasi/perusahaan;
- Public Relation adalah usaha untuk menciptakan hubungan yang baik serta harmonis anatar suatu badan/organisasi dengan masyarakat melalui suatu proses komunikasi timbal balik atau dua arah. Hubungan yang harmonis tersebut timbul dari adanya mutual understanding, mutual confidence, dan image yang baik. Ini semua merupakan langkah-langkah yang ditempuh oleh public relation untuk mencapai hubungan yang harmonis.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar